6 Langkah Yang Bisa Dilakukan Oleh Perusahaan Untuk Mencegah Ransomware

Munculnya ancaman keamanan digital seperti penyebaran ransomware yang tersebar luas harus menjadi fokus utama.
Ini diturunkan oleh Dimension Data dan CISCO dalam laporan berjudul Ransomware: The Disruptor Business Pervasive. Dalam laporan itu, perusahaan diminta untuk mengusir serangan cyber sebelum menjadi hama bisnis.
Berdasarkan laporan Laporan Keamanan Cyber ??Cisco 2017, ransomware adalah salah satu ancaman utama bagi bisnis digital.
Secara global, sekitar 49 persen kegiatan bisnis memiliki setidaknya satu serangan maya, dan 39 persennya adalah serangan ransomware. Di Amerika Serikat, jumlah serangan telah meningkat 300 persen dari 2015 hingga 2016.
Tren ini dapat dikaitkan dengan pertumbuhan Ransomware-as-a-service (Raas) pada paruh pertama tahun 2017, ketika penyerang cyber mengarahkan operator platform Raas untuk menyerang.
“Peningkatan jumlah serangan Ransomware pada ekonomi digital membuat setiap perusahaan menjadi sasaran,” kata Neville Burdan, GM Security Dimension Data Asia Pacific.
“Risiko ini meningkat seiring dengan mata uang digital dan bitcoin yang telah menjadi hal biasa bagi pembayaran penebusan, yang menyebabkan serangan cyber tidak terdeteksi.” Jumlah karyawan yang bekerja secara jarak jauh di alat pribadi membuat risiko meningkat. ”
Untuk memerangi ransomware, berikut adalah enam strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan:

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Memprediksi dan memberikan informasi sebelum serangan terjadi
Perusahaan harus melakukan tinjauan aktif terhadap subyek yang dibahas di web yang gelap, eksploitasi baru yang akan digunakan, serta industri dan perusahaan yang menjadi sasaran serangan.

Lindungi
Peralatan Identitas dan Manajemen Akses (IAM) sangat penting untuk melindungi aset perusahaan dan aset komputasi. Kontrol akses jaringan (NAC) memastikan bahwa hanya perangkat dengan pengaturan keamanan dan kepatuhan yang sesuai dengan kebijakan keamanan TI perusahaan yang dapat mengakses sistem
perusahaan.

Deteksi
Teknologi ini harus ditempatkan di lokasi yang dapat mendeteksi anomali dalam infrastruktur, yaitu ketika malware berhasil menyusup ke bagian terakhir atau jaringan. Oleh karena itu, jaringan juga harus dimonitor untuk memeriksa instruksi gangguan. Mengaktifkan deteksi jejak AI juga dapat mempercepat proses deteksi sebelum tahap serangan menjadi lebih buruk.

Jawaban
Ketika serangan Ransomware telah terdeteksi, pakar keamanan harus bekerja dengan cepat memblokir saluran komunikasi berbahaya pada firewall atau IPS, dan melakukan proses karantina terhadap mesin yang terpengaruh.

Pemulihan
Proses pencadangan merupakan bagian penting dari strategi untuk pemulihan cepat. Selain itu, sistem cadangan seperti itu diperlukan untuk menghindari duplikasi dokumen yang dienkripsi dalam bahaya oleh Ransomware.
Ini dapat dicapai dengan melakukan proses segmentasi dinamis serta fitur keamanan umum.


Comments are closed