Cara Menanam Pohon Kurma

 

Menanam Pohon Kurma Dengan Benar

Pohon Kurma adalah buah yang sangat umum di Timur Tengah, dan sebagian besar tanaman ditanam di sana atau di Afrika bagian utara. Buahnya tumbuh di pohon kurma, dan seharusnya tidak mengherankan bahwa mereka hanya tumbuh di iklim kering yang panas. Untuk petani Amerika Utara, hanya zona 9 hingga 11 yang cocok untuk pohon kurma. Varietas yang paling umum adalah buah kurma Medjool.

Mereka bukanlah pohon yang paling mudah untuk ditumbuhkan dan dipanen, tetapi menumbuhkan kurma Anda sendiri dapat menjadi tantangan yang menyenangkan jika Anda menikmati mencoba buah-buahan baru di kebun Anda. Bersiaplah untuk bekerja lebih sedikit dari biasanya. Kurma sangat bergizi, dan telah menjadi sumber makanan penting selama berabad-abad. Mereka kaya serat dan beberapa vitamin B tetapi rendah kalori.

Menanam buah kurma bukanlah hal yang mudah, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menanam buah kurma agar dapat menghasilkan buah yang lebat dan rasanya manis. Kini telah hadir PT Kampung Kurma yang menawarkan sebuah investasi yang menjanjikan. Investasi kampung kurma adalah investasi kavling kurma yang mana kavling tersebut akan ditanami pohon kurma yang incomenya dapat anda dapatkan hingga 90-100 tahun (masa berbuah pohon kurma).

investasi kavling kampung kurma

Cara mememlihara tanaman buah kurma

  • Hari untuk perkecambahan: Bibit biasanya dibeli
  • Hari untuk panen: 4 hingga 7 tahun
  • Kebutuhan cahaya: Matahari penuh
  • Kebutuhan air: Akan mentolerir kondisi kering
  • Tanah: Subur dan gembur
  • Wadah: Tidak terlalu ideal

1. Mulai menanam pohon kurma

Pohon kurma baik laki-laki atau perempuan, dan Anda akan membutuhkan salah satu dari masing-masing untuk memiliki buah. Jika Anda ingin menanam beberapa pohon, Anda bisa bertahan dengan satu jantan dan sejumlah pohon betina. Jadi ketika Anda merencanakan lokasi Anda untuk pohon kurma, pastikan Anda memiliki ruang untuk setidaknya 2 pohon.

Karena Anda membutuhkan pohon jantan dan betina, orang umumnya tidak memulai pohon mereka dari benih karena Anda tidak akan pernah tahu apa jenis kelaminnya selama bertahun-tahun. Bibit yang dibeli biasanya stek dari telapak tangan yang ada, sehingga mereka harus diberi label dengan benar oleh jenis kelamin mereka.

Pilih lokasi yang cerah dan tanam seperti yang Anda lakukan pada jenis pohon lain, menggali lubang yang cukup besar untuk menahan akar. Setiap pohon akan tumbuh hingga lebih dari 50 kaki, dan hingga 30 kaki. Jika itu berlebihan, cobalah varietas kerdil 10 kaki.

Seperti yang disebutkan, Anda memerlukan 2 pohon tetapi karena Anda akan melakukan penyerbukan dengan tangan (lihat lebih banyak tentang itu di bagian berikutnya), Anda tidak perlu menanam pohon di samping satu sama lain jika ruang Anda tidak mengizinkannya.

2. Perawatan Pohon

Pohon Buah kurma adalah pohon yang tumbuh sangat lambat, jadi jangan berkecil hati jika pohon Anda tidak melakukan banyak hal setiap musim. Sangat mudah untuk menyirami kurma, yang akan membunuhnya. Curah hujan biasa biasanya cukup, kecuali sudah kering untuk jangka waktu yang lama atau pohon kurma Anda masih semakin mapan.

Pohon kurma tidak diserbuki oleh serangga atau burung, tetapi oleh angin. Dengan hanya beberapa pohon, Anda mengambil risiko bahwa tidak ada yang akan menyerbuki dan karena itu tidak akan menghasilkan buah. Itu berarti bagian dari rutinitas berkebun tahunan Anda akan harus penyerbukan tangan pohon buah kurma Anda.

Setiap awal tahun, pohon jantan akan menghasilkan serbuk sari. Anda harus mengumpulkannya (itu hanya bubuk halus) lalu membersihkannya di atas bunga betina setelah pohon betina Anda bermekaran. Tanyakan di pembibitan di mana Anda mendapatkan pohon Anda untuk rincian lebih lanjut tentang ini. Benar-benar bukan tugas yang sulit.

Pohon kurma akan tumbuh duri atau duri yang sangat panjang dan tajam di sepanjang pangkalnya, jadi tanamlah pohon Anda di tempat yang jauh dari jalan setapak biasa atau potong duri saat mereka tumbuh. Itu tidak akan menyakiti tanaman untuk memotong mereka.

Setelah buah Anda mulai diatur, Anda akan ingin mengencerkannya dengan memetik beberapa buah yang lebih kecil sebelum matang. Jika tidak, Anda akan memiliki panen besar dengan kurma kecil. Tidak jarang mengambil setengah atau lebih dari tanaman kurma bertumbuh untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik.

3. Wadah

Meskipun varietas kurma kurma memang ada yang dapat tumbuh di pot yang sangat besar (setengah barel atau pekebun yang lebih besar), itu bukan pilihan praktis. Seperti disebutkan, Anda harus memiliki 2 pohon yang mungkin tidak cocok jika Anda mencoba untuk tumbuh di ruang kecil.

4. Hama dan Penyakit

Sebagian besar serangga hama yang menyerang kurma tidak ditemukan di Amerika Utara, jadi siapa pun yang menanam kurma di Amerika mungkin akan menemukan pohon mereka sebagai serangga bebas. Burung, tikus dan tupai bisa menjadi masalah setelah buah mulai matang sekalipun. Petani tanggal biasanya menaruh kantong jaring di sekitar untaian kurma agar mereka bisa matang tanpa dicuri.

5. Panen dan Penyimpanan

Anda mungkin harus menunggu sampai kurma Anda mencapai usia 4 hingga 7 tahun sebelum Anda mulai melihat perkembangan buah apa pun. Kurma tidak semua matang sekaligus bahkan dalam kelompok buah yang sama, jadi Anda harus memanen beberapa kali selama musim. Setiap pohon palem dapat menghasilkan 150 hingga 200 pon buah setiap tahun, setelah matang hingga kapasitas penuh.

Matang matang ketika coklat dan lembut, meskipun mereka dapat dipetik selagi masih keras dan dibiarkan matang dari pohon. Jika Anda memiliki masalah dengan burung memakan buah, ini mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Mengingat tinggi pohon, Anda akan membutuhkan tangga atau peralatan lain untuk memanen begitu telapak tangan Anda mencapai ukuran penuh. Pohon kurma lebih masuk akal dalam hal ini. Buah kurma segar dapat disimpan di kulkas selama 2 hingga 3 minggu, atau dibekukan hingga 4 bulan. Untuk buah yang lebih manis (dan lebih tahan lama), Anda harus mengeringkannya daripada menyimpan segar.

Sebelum Anda mengeringkannya, Anda harus mengiris masing-masing terbuka untuk menghilangkan biji atau pit. Kebanyakan orangople iris saja setiap buah kurma menjadi dua dan keringkan dalam 2 bagian. Mereka bisa membutuhkan waktu lama untuk mengeringkan, dan harus dikeringkan dengan dehidrator atau oven yang tepat. Matahari bukanlah metode yang dapat diandalkan untuk buah yang tebal seperti itu. Diperlukan waktu lebih dari 20 jam untuk mengeringkan, dan kurma akan menjadi lunak dan kasar saat selesai. Setelah kering, Anda dapat menyimpan buah kurma pada suhu kamar dalam wadah kedap udara selama 6 bulan. Simpan wadah itu di lemari es, dan Anda baik selama satu tahun.

Comments are closed