Cara Mengobati Diare

Diare adalah jenis penyakit yang pernah dialami hampir oleh setiap manusia di dunia, hal ini karena diare bisa disebabkan oleh banyak hal. Diare sendiri pada tahap yang tidak terlalu parah bisa disembuhkan dengan cukup mudah, Anda hanya cukup meminum obat diare secara teratur serta mengonsumsi makanan yang bergizi. Namun saat memasuki tahap yang lebih parah, Anda harus mengantisipasinya dengan lebih serius, karena diare bisa menimbulkan dampak yang fatal jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengobati Diare

Cara mengobati diare sendiri ada banyak, mulai dari yang paling mudah dengan mengonsumsi obat diare sampai menggunakan cara alami dengan memanfaatkan tumbuhan. Menggunakan cara alami tentu menjadi pilihan terbaik di saat Anda menderita diare ringan. Selain akan membantu mengurangi diare yang Anda derita, menggunakan cara alami juga cenderung lebih aman karena minim efek samping. Berikut ini ada beberapa cara mengobati diare secara alami yang bisa Anda coba terapkan.

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Mengonsumsi Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk turunan susu yang dibuat melalui proses fermentasi sehingga hasilnya memiliki rasa asam dan sedikit kecut. Yogurt sendiri merupakan salah satu produk yang baik untuk saluran pencernaan, sehingga bisa membantu mengatasi diare. Hal ini berkat kandungan bakteri bernama Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bidiful. Kedua bakteri ini merupakan probiotik yang akan membantu menyeimbangkan bakteri pada saluran cerna.

Saus apel

Meski memiliki tekstur kasar dan mengandung serat yang tinggi, jika diolah menjadi saus apel ia dapat membantu mengobati masalah diare Anda. Anda bisa mengolahnya menjadi saus apel agar mudah dicerna, sehingga asupan gula dan zat pektin dapat terpenuhi untuk mengatasi diare.

Buah pisang

Buah pisang sudah dikenal banyak orrang sebagai buah yang baik untuk kesehatan sistem cerna manusia. Karena hal itu pula, disarankan untuk mengonsumsi buah pisang segar dalam porsi yang lebih banyak dikala terserang diare. Hal ini karena buah pisang mengandung kadar potasium yang tinggi, yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama diare. Selain memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih mudah dicerna, buah apel juga bisa dikonsumsi secara teratur untuk mengatasi penyakit anemia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo

Daun kayu putih

Cara mengobati diare secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun kayu putih. Jika Anda memilikinya dirumah, Anda bisa membuat ramuan daun kayu putih untuk mengatasi diare. Siapkan 6-10 gram daun kayu putih kering dan 2 gelas air tawar. Didihkan air yang telah disiapkan lalu masukkan ke dalam air, tunggu hingga menyisakan 1 gelas lalu minum secara teratur minimal 1 gelas perhari hingga diare benar-benar sembuh.

Akar jeruk nipis

Tidak hanya dikenal dapat menjadi cara menghilangkan jerawat melalui buahnya, ternyata akar jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi diare secara alami. Caranya, siapkan 2-4 potong akar jeruk nipis yang sudah dibersihkan dengan 6 gelas air. Pastikan sudah tidak ada kotoran yang menempel, lalu rebes hingga menyisakan 4 gelas air saja. Tunggu hingga dingin, lalu minum airnya setiap sore hari.

Itulah beberapa cara mengobati secara alami yang bisa Anda coba, selain itu untuk mempercepat proses penyembuhan pastikan Anda meminum cukup air putih sebagai elektrolit agar tidak dehidrasi.


Comments are closed