Inilah Jenis Penyakit Yang Sebabkan Kaki Bengkak

Inmalay –  Ada beberapa penyakit di mana pembengkakan kaki bisa terjadi. Misalnya, pada gagal jantung kongestif, ketika jantung kehilangan kemampuannya untuk memompa darah secara efektif, tingkat sirkulasi darah terkena dampak negatif. Ketika menjadi sulit bagi darah di kaki untuk bergerak kembali ke jantung, ia bisa kembali naik ke kaki, kaki dan pergelangan kaki Anda, menyebabkan edema (pembengkakan). Baca Juga: Cara Atasi Kaki Bengkak

Penyebab lainnya adalah sirosis, yang menyebabkan luka parut pada hati. Bila fungsi hati terganggu, bisa menyebabkan akumulasi cairan di kaki dan rongga perut. Penyakit ginjal membuat ginjal tidak mampu menghilangkan cukup cairan dan sodium dari darah Anda, dan bisa mengakibatkan edema biasanya di kaki dan di sekitar mata. Gagal ginjal juga menyebabkan edema. Kerusakan pembuluh darah di kaki, membuat mereka tidak mampu memompa cukup darah kembali ke jantung. Sisa darah ini, menekan pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Sistem limfatik, yang membantu membersihkan kelebihan cairan dari jaringan, mungkin rusak akibat lymphedema. Penyumbatan pada sistem limfatik menyebabkan penumpukan cairan interstisial. Arthritis adalah kondisi kesehatan lainnya, di mana orang tersebut menderita sakit dan bengkak di kaki. Pada kondisi ini, persendian tubuh menjadi terpengaruh dan retensi cairan di sendi menyebabkan pembengkakan.

Seperti yang telah Anda lihat, penyebab kaki bengkak banyak. Untuk mendeteksi penyebab kaki bengkak dalam kasus Anda, Anda perlu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Sementara itu, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah kaki bengkak:

► Sertakan olahraga dalam rutinitas harian Anda. Sebagian besar latihan kaki meningkatkan sirkulasi dan bisa menghilangkan kelebihan cairan dari kaki Anda.
► Langkah pencegahan kaki bengkak lainnya adalah memakai stoking pendukung di pagi hari, untuk memperbaiki sirkulasi. Mereka juga mengurangi penumpukan cairan yang biasanya terjadi sepanjang hari.
► Jangan menghabiskan beberapa jam duduk atau berdiri di satu tempat. Sesekali, berhenti untuk meregangkan, atau lebih baik lagi, berjalan-jalan.
► Kelebihan berat badan bisa menghambat sirkulasi yang tepat, jadi usahakan menjaga berat badan tetap sehat.
► Kurangi jumlah garam dalam makanan Anda. Hal ini akan menurunkan risiko hipertensi dan edema.

Kaki bengkak atau pergelangan kaki bukanlah hal yang memprihatinkan sampai disertai beberapa gejala lainnya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kaki bengkak karena Anda telah berdiri atau duduk dalam waktu lama, itu akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika Anda mengalami pembengkakan kaki atau pergelangan kaki yang terus-menerus, berkonsultasilah dengan dokter segera.


Comments are closed